BPHTB!!kab.bogor.  Menuai kotroversi

Loko minggu 24 desember 2017

Masih dengan LSM ARUN, Lembaga Advokasi Rakyat Untuk Nusantara, yang melaporkan kejanggalan yang dilakukan BAPPENDA Kab.bogor menuai kontroversi dimasyarakat, pasal nya pungutan pajak BPHTB yang selama ini dianggap masyarakat memang sesuai aturan ternyata syarat kecurangan, hal ini dikupas tuntas oleh LePeKep.News langsung dengan ketua LSM arun iin solihin.

Menurut nya indikasi kecurangan tersebut sangat jelas terpampang depan mata, pasalnya ini dilakukan terang terangan oleh pihak BAPPENDA kabupaten bogor, yang dimaksud indikasi tersebut, adalah ini dilakukan tertulis dan melibatkan banyak pihak dan kejanggalan lain nya adalah dalam surat surat yang dikeluarkan pihak bappenda (kurang bayar dan yg berhubungan dengan nya) tidak ada pejabat terkait yang menandatangani, ini janggal, surat yang dikeluarkan suatu instansi namun tidak ada yang bertanggung jawab, mengapa pemerintah daerah dalam hal ini tutup mata atas apa yang terjadi ujar iin.

Disela sela wawancara pihak Lepekep.news menanyakan apakah ini memiliki Nuansa dan muatan politik, mengingat mendekat nya hajat 5tahunan pilkada!? Namun dengan gamblang dibantah oleh ketua LSM ARUN, kami bertindak demi tegak nya supremasi hukum, dan demi kepentingan masyarakat luas, ini pemerintahan mas ujar pria dengan wajah lembut tapi tegas tersebut.

Selama kita melihat ketimpangan dan kami mampu lakukan sesuatu maka akan kamu lakukan sesuai koridor, dan akan kami pastikan oknum oknum tidak bertangung jawab tersebut harus merasakan akibat dari perbuatan nya ujar iin, disisi lain LSM arun juga memberi kesempatan pihak pihak yang diduga terlibat mengklarifikasi sesuai hak nya sebagai warga negara.

Kami pun tidak menutup pintu untuk dialog dan klarifikasi, oleh karena nya jika mereka yang mengikuti masalah ini pasti paham, kami lakukan berjenjang dan prosedural, mulai dari pengaduan masyarakat ke proses investigasi sampai kami minta pihak terkait untuk dialog dan klarifikasi, namun sampai berita ini diterbitkan memang seolah tidak ada keinginan pihak BAPPENDA untuk meng kanter hal-hal yang kami anggap sebagai dugaan kecurangan. Jadi kami mengganggap data kami valid makanya kamu buat pengaduan masyarakat kepada pihak terkait dalam hal ini penegak hukum, dan akan kami terus kawal pelan tapi pasti, sampai hal ini menjadi terang benderang di pengadilan, dan akan kami pastikan juga setiap yang terlibat akan menerima konsekwensi hukum dari perbuatan nya.

Bahkan pihak lsm arun telah memberi surat dan menjelaskan duduk persoalan nya kepada Bupati lewat surat surat nya, baik secara langsung atau tembusan, setiap perjalanan langkah kami bupati kami berikan tembusan, namun dilapangan terakhir pihak nya melihat tanggal 22 desember hasil pemantauan tim investigasi lsm arun yang langsung memperhatikan aktivitas di kantor BAPPENDA tempat transaksi berlangsung masih terjadi hal tersebut.

Maka LSm arun melaporkan kembali hal tersebut kepada pihak berwajib paparnya, kita liat saja apakah pihak terkait bertindak, seperti kepolisian resort kabupaten bogor yang telah menerima laporan kami, juga pihak kejaksaan dan dengan tembusan Kejagung.RI dan beberapa instansi terkait. Dan kami tidak akan berhenti sampai masalah ini terang benderang dihadapan pengadilan dan kembali nya hak-hak masyarakat yang selama ini dirampas dengan dalih aturan, aturan yang mana?? Ini harus mereka jelaskan kepada masyarakat. Inggat ini bukan hal kecil mas tuturnya kepada LPKP.news.

Saudara bisa bayangkan, jika mas pergi ke kantor bappenda setiap hari ratusan orang antri urus BPHTB dan sebagian besar itu dari transaksi jual beli, lalu mereka pungut dengan dasar harga pasar sedangkan uu dan perda mengatakan ini dihitung dengan harga transaksi, namun jika tidak diketahui nilai transaksi atau lebih kecil dari NJOP maka pegangan nya adalah NJOp yang telah ditetapkan pemerintah jelasnya.

RED

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s